Rabu, 01 Desember 2010

Teori Pembentukan Hujan

      Terbentuknya awan tidak selalu menghasilkan hujan. untuk dapat menghasilkan hujan butir-butir awan harus tumbuh menjadi cukup besar sehingga gaya berat cukup untuk melawan daya angkat (arus udara naik dari permukaan). Ada dua teori yang terkenal dalam pembentukan hujan yaitu, teori Bergeron (untuk pertumbuhan awan dingin) dan teori tumbukan dan penyatuan (untuk pertumbuhan butir pada awan hangat).
1.   Teori Bergeron,
       teori ini berlaku untuk awan dingin (di bawah 0 derajat) yang terdiri dari kristal es dan air lewat dingin (air yang suhunya di bawah 0 derajat celcius tetapi belum membeku). perbedaan tekanan uap di sekitar butir-butir air dan di sekitar partikel es (eair>e es) mengakibatkan butir-butir air mengembun di sekitar partikel-partikel es. partikel ini menyebabkan kristal es menjadi besar. jika berat butir hujan ini telah melampaui daya dorong ke atas maka akan jatuh sebagai hujan. pembentukan hujan demikian sering terjadi di daerah ekstra tropika atau pada awan cumulus yang tumbuh menjadi cumulonimbus, dengan puncak awan berada di bawah titik beku.
2.    Teori Tumbukan dan Penyatuan,
        butir-butir air yang lebih besar mempunyai kecepatan jatuh yang lebih    besar dari butir-butir yang lebih kecil. tumbukan antar butir yang disertai penyatuan menyebabkan butir bertambah besar dan berat sehingga mampu melawan daya angkat udara dan jatuh sebagai hujan. laju pertumbuhan awan melalui proses tumbukan dan penyatuan ini lebih besar dari laju pertumbuhan dengan kondensasi. proses ini tidak hanya terjadi di daerah tropika, tetapi juga di lintang menengah dengan hadirnya udara tropis di musim panas.


gambar 1.proses pembentukan hujan
sumber:http://www.google.co.id/images



Daftar pustaka
Handoko.1993.Klimatologi Dasar.Bogor: Pustaka Jaya
www.google.co.id

1 komentar:

  1. Lucky Club: What is Lucky Club?
    Lucky Club is a casino that you may play at. Play online or in-person at Lucky Club. Join today. luckyclub.live Enjoy exclusive bonuses, sports betting, slots and live

    BalasHapus